BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 10 Mei 2009

7 Jalur Masuk Jadi Mahasiswa UI

Depok, Warta Kota
Ada tujuh jalur masuk untuk menjadi mahasiwa baru Universitas Indonesia (UI). Ketujuh jalur itu adalah Ujian Masuk Bersama (UMB), Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB), Kerja Sama Daerah dan Industri (KSDI), Seleksi Masuk UI (Simak UI), jalur paralel (untuk program studi tertentu), jalur prestasi, dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM-PTN). ”Kerja sama Daerah dan Industri (KSDI) merupakan program untuk membantu meningkatan kapasitas daerah dengan mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, profesional, dan kompeten untuk mengisi pembangunan daerah,” kata Rektor UI di Kampus UI Depok, Selasa (6/1)
”Program ini merupakan terobosan satu-satunya di Indonesia bagi kerja sama antara lembaga pendidikan tinggi, pemerintah daerah, industri,” imbuhnya.
Memasuki tahun kedua, lanjut Gumilar, KSDI telah membuka kebuntuan daerah dalam mengisi pos-pos pemberdayaan daerah seperti dunia kesehatan, manajemen birokrasi, aparat penegak hukum, dan sebagainya. UI memberikan kesempatan luas bagi daerah untuk mengirimkan duta-duta terbaiknya agar dapat mengenyam pendidikan di universitas berkelas dunia serta membuka jaringan dan kemitraan yang akan menjadi modal pemberdayaan daerah.
Mahasiswa peserta program KSDI mendapat fasilitas yang sama seperti mahasiswa yang masuk melalui program reguler seperti SNM-PTN, SIMAK maupun PPKB (dahulu dikenal dengan nama PMDK).
Program ini seakan menjadi saksi keseriusan pemerintah daerah dalam membangun daerahnya di masa depan. Sebagai contoh, Pemda Sumba Barat Daya, yang notabene tidak memiliki anggaran pendapatan daerah yang besar, namun bertekad untuk dapat menjadi kabupaten dengan fasilitas kesehatan terbaik di kawasan provinsi Nusa Tenggara Timur. Untuk itu, Pemda Sumba Barat Daya menugaskan para pejuang daerahnya untuk menimba ilmu di UI, khususnya di Fakultas Kedokteran.
Program KSDI ini dibatasi hanya untuk calon mahasiswa yang berdomisili di luar Pulau Jawa dan Bali. Mengingat, kedua kawasan ini relatif mapan menyangkut kekayaan sumber daya alam maupun manusia. Bersandar pada pengalaman di mana banyak mahasiswa daerah yang mengenyam pendidikan di Pulau Jawa, dan kemudian enggan untuk mengamalkan pengetahuannya di tempat asal setelah tamat studi, program ini memagari kemungkinan tersebut dengan adanya perjanjian hukum.
Perjanjian ini, memastikan mahasiswa program KSDI akan kembali mengabdi ke daerah asalnya. Ini menentukan ketersediaan pasokan tenaga ahli bagi daerah.
Jalur Simak UI adalah seleksi ujian masuk UI yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan yang ada di daerah. Mereka menjadi panitia lokal. Jalur ini diselenggarakan di 40 kota di Indonesia. Pendaftaran dilakukan secara online di htpp://penerimaan.ui.ac.id. Dan ujian seleksi hanya dilakukan dalam sehari saja.
Rata-rata penerimaan mahasiswa baru UI sekitar 5.500-an mahasiswa. Menurut Rektor UI, setiap penerimaan mahasiswa baru mencapai sekitar 100.000 peserta. Biaya pendaftaran jalur Simak UI dengan dua pilihan program studi sebesar Rp 200.000. Makin banyak pilihan program studi biayanya makin besar.
”Namun biaya pendaftaran boleh dikatakan habis untuk semua kegiatan pendaftaran saja,” kata Gumilar. (mir)

0 komentar: