BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 10 Mei 2009

Siswa dan Orangtua Keluhkan Tingginya Biaya Masuk PTN

Siswa dan Orangtua Keluhkan Tingginya Biaya Masuk PTN

Senin, 2 Maret 2009 | 18:30 WIB
SEMARANG, SENIN — Di tengah semakin banyaknya jalur masuk mandiri untuk calon mahasiswa baru yang dibuka perguruan tinggi negeri, siswa dan orangtua masih mengeluhkan tingginya biaya masuknya. Akibatnya, jurusan yang diambil disesuaikan dengan kemampuan finansial mereka.
“Walaupun harus belajar mati-matian untuk melewati seleksi masuk PTN, tetapi tetap saja butuh uang banyak agar bisa kuliah,” ujar Artsswinda Ayu Bungara (17), siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 3 Semarang, Jawa Tengah, Senin (3/2).
Menurut Bunga, biaya masuk PTN yang tinggi menjadi faktor penentu bagi siswa dalam menentukan perguruan tinggi dan jurusan pilihannya.
Gunawan (56), orangtua Bunga, mengakui, tingginya biaya masuk PTN membuatnya harus mencarikan alternatif jurusan lain untuk anaknya yang sesuai dengan kemampuan finansialnya. “Saya pilihkan Jurusan Biologi atau Matematika di Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang biaya masuknya hanya Rp 5 juta,” ucapnya.
Bahkan, Dewi Lestari (18), siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Semarang, mengurungkan niatnya masuk ke PTN karena tingginya biaya masuk tersebut. “Tadinya saya memilih kuliah di Unnes, tetapi karena orangtua tidak sanggup saya pilih PT swasta saja yang biaya masuknya murah,” kata Dewi yang bercita-cita jadi guru ini.
Kepala Sekolah SMAN 6 Semarang Bambang Nianto Mulyo menyayangkan banyaknya jalur masuk ke PTN tidak diimbangi dengan pemberian akses bagi calon mahasiswa miskin yang berprestasi. Otonomi yang dimiliki universitas seharusnya jangan dijadikan sebagai bentuk komersialisasi pendidikan. “Jangan sampai hanya orang kaya saja yang mendominasi pendidikan di PTN,” katanya
” ujar salah satu guru yang enggan disebut namanya.

0 komentar: